Toko ganja ini menjual ganja Aceh secara online dan terpercaya dengan online dan rahasia.

Halaman

Jumat, 27 Desember 2013

Kloning pada tanaman Ganja

Membuat kloning pada tanaman ganja merupakan salah satu cara budidaya yang paling efisien, karena sangat menghemat waktu dan juga membuat hasil yang baik dari budidaya tanaman ganja. kloning dalam tanaman ganja berarti membudidayakan tanaman ganja dengan metode memperbanyak tanaman dengan cara memotong salah satu ranting paling ujung dari tanaman induk ganja.
Tanaman induk ganja adalah tanaman ganja yang kita budidayakan dan diseleksi menurut kualitas yang kita inginkan, pada umumnya adalah tanaman dengan jenis kelamin perempuan dengan kualitas terbaik. Tanaman induk ganja harus dijaga agar selalu pada fase vegatatif dengan cara memberikan siklus cahaya 18-24 jam masa cahaya.

metode kloning ini adalah dengan cara memotong ranting tanaman ganja dan memaksa tanaman ganja untuk bertahan hidup setelah di potong dari tanaman induknya,karena pada potongan ranting tersebut tidak memiliki akar, maka secara alami proses bertahan hidup tanaman ganja memerlukan rangsangan secara kimia agara akar ditumbuhkan dan tanaman ganja tetap hidup.
memulai kloning tanaman ganja
untuk memulai proses kloning kita perlu menyiapkan bahan dan peralatannya yaitu.
induk tanaman
jika jenis induk tanaman ganja yang akan kita kloning termasuk tanaman yang sulit untuk di budidaya dengan cara kloning maka ada pembudidaya perlu untuk menyiapkan induk tanaman sebelum proses kloning yaitu.
  • siram tanaman ganja dengan air yang sedikit melimpah selama satu minggu sebelum proses kloning, ini berfungsi untuk mencuci kandungan nitrogen dalam tanama.dan proses drainase harus dalam kondisi bagus.
  • pilih cabang yang digunakan untuk proses kloning dari bagian bawah tanaman.
  • jangan memberikan pupuk terlebih dahulu pada tanaman induk.

peralatan kloning

yang perlu dipersiapkan yaitu.
gunting
gunakan gunting yang steril dan bersih pada proses kloning
pisau silet
pisau silet yang steril yang akan kita gunakan, agar mencegah bakteri yang dapat mngakibatkan tanaman ganja menjadi membusuk.
tempat kloning dan media
tempat kloning adalah temat dimana tanaman yang sudah dipoting ditempatkan dan dibiarkan tumbuh, media tanam dapat menggunakan tanah organik, rockwool,maupun Floral Foam.
gelas kecil
persiapkan dua buah gelas kecil yang nantinya digunakan untuk air dan menaruh hormon penumbuh akar.
hormon penumbuh akar
hormon penumbuh akar digunakan sebagai perangsang tumbuhnya akar secara kimiawi, hormon akar ini banyak sekali jenisnya yang beredar di pasaran, pembudidaya dapat menyesuaikan kebutuhan hormon akar ini berdasarkan harga dan dan kualitas hormon penumbuh akar ini.
                            
hormon akar dapat di beli di toko tanaman hias terdekat.
dome / tempat untuk menjaga kelembaban.
berfungsi untuk menjaga kelembaban udara dari tanaman ganja yang sedang dalam proses kloning. kita dapat memanfaatkan berbagai benda bekas yang berada disekitar kita untuk tempat kloning ini.
kita dapat memanfaatkan botol plastik bekas untuk digunakan sebagai tempat menjaga kelembaban.
Langkah-langkah Kloning Tanaman Ganja
siapkan hormon akar kedalam gelas kecil, lalu siapkan gelas kecil satu lagi guna tempat potongan cabang dan diberikan air biasa.
potong bagian cabang dari induk tanaman yang ingin digunakan sebagai kloning dengan kemiringan 45 derajat menggunakan pisau silet yang sudah di sterilkan.

potong cabang daun bagian bawah  dan berikan sayatan kecil pada bagian pangkal potongan ranting.
lakukan hal diatas untuk pemotongan cbang berikutnya,dan sambil menunggu semua cabang selesai, letakan potongan cabang cloning pada gelas yang berisi air agar potongan cabang tetap dalam kondisi segar.

berikan sayatan kecil pada pangkal kloning guna pertumbuhan akar,
akar yang akan tumbuh dari pangkal kloning akan nampak seperti gambar dibawah ini.
kemudian celupkan pangkal kloning pada hormon akar yang telah kita siapkan.

setelah pangkal ranting kloning dicelupkan pada hormon akar, maka kloning siap diberikan ke media tanam  yang telah disediakan.

untuk ranting kloning yang memiliki daun banyak maka trim atau pemotongan pada daun yang lebar akan diperlukan, ini berfungsi untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada daun tanaman ganja yang dikloning.
setelah semua tahap diatas, maka masukkan ganja ke dalam tempat kloning atau dome , dengan menyemprot tanaman ganja dengan air terlebih dahulu, yang bertujuan untuk menjaga kelembaban udara serta suhu ruangan tempat kloning.
semprot tanaman ganja kemudian bungkus dengan penutup agar kelembabanya terjaga.
tanaman ganja dalam proses kloning membutuhkan kelembaban yang sangat tinggi yaitu 95-100 persen kelembaban udara, ini dibutuhkan pada minggu pertama.
sedangkan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan kloning berkisar pada 18°-24°C dan suhu pada media tempat akar akan tumbuh adalah 24°-27°C, suhu yang terlalu panas diatas 29°C akan menyebabkan kerusakan pada akar.
untuk cahaya berikan siklus 18-24jam masa pencahayaan pada kloning.untuk menghemat energi pada masa kloning ini dapat menggunakan lampu T5 fluorescent dengan jarak 0.5-1m diatas kloning.
kloning akan siap untuk dipindahkan ke media tanam yang diinginkan setelah akar tumbuh kuat, yaitu pada usia 10-21 hari, untuk pertumbuhan yang optimal dan sesuai yang kita inginkan pastikan akar harus dalam kondisi kuat sebelum dipindahkan ke media lain yang diinginkan.
Kondisi akar kloning tanaman ganja yang berusia seminggu
Kondisi akar kloning tanaman ganja yang berusia seminggu
setelah tanaman dipindahkan, kloning memasuki masa vegetatif dan siap untuk tumbuh, dan dalam beberapa bulan siap untuk memasuki masa berbunga.
perlu diperhatikan :
  • pastikan akar tanaman ganja dari hasil kloning dalam kondisi yang kuat saat di pindahkan ke media tanam yang diinginkan.
  • jangan gunakan pupuk apapun pada saat proses kloning
Botol bekas Sebagai Media Kloning Tanaman Ganja
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar, kritik saran yang baik.

Kontak Order

Nama

Email *

Pesan *

popcash

Ganja Shop

Ganja Shop

Total Tayangan Halaman